Minggu, 07 Desember 2014

Air Terjun Seloprojo Magelang

Air terjun Seloprojo, dikenal juga dengan nama lain curug Sumuran, terletak di wilayah Magelang Utara, Magelang, Jawa Tengah. Airnya mengalir diantara lekuk-lekuk batuan andhesit. Keunikan dari air terjun Seloprojo ini adalah terdapat bolongan seperti sumur pada bagian sebelum ujung atasnya, sedalam 8 sampai 10 meter. Inilah yang membuat nama air terjun Seloprojo ini dijuluki curug Sumuran.
Sementara nama Seloprojo sendiri diambil dari nama desa dimana air terjun ini berada. Air terjun Seloprojo merupakan salah satu wisata alam yang harus anda kunjungi di kota sejuk Magelang ini.
 
                                               
           
 
   
Berbicara tentang kota Magelang, pasti anda akan terkoneksi langsung dengan salah satu keajaiban dunia yaitu candi Borobudur. Ya, candi yang merupakan warisan budaya dunia versi UNESCO ini memang seperti menjadi landmark kota Magelang.
Bukan apa-apa, wisata candi Borobudur merupakan wisata yang cakupannya internasional dengan publikasi dengan taraf internasional pula. Sementara tempat-tempat wisata lainnya yang tak kalah menarik merupakan wisata lokal dan masih jarang dikunjungi.
Tapi jarang dikunjungi bukan berarti tak indah,justru disinilah letak daya tariknya. Jarang dikunjungi justru membuat tempat-tempat ini masih sangat murni dari coretan nakal manusia-manusia. Mungkin disini anda akan tertarik pergi ke tempat-tempas wisata peninggalan kerajaan, tapi air terjun Seloprojo ini merupakan salah satu yang wajib anda datangi.
Terletak di desa Seloprojo, kecamatan Ngablak, kabupaten Magelang, air terjun dengan ketinggian 35 meter ini seakan memanggil-manggil anda untuk menikmati kesejukan airnya dan suasana hijau yang bergelora di kawasan kaki gunung Telomoyo.
Air terjun ini memiliki pemandangan alam yang eksotis, dimana udara segar khas pegunungan bercampur dengan bau air dan tanah basah, ditambah dengan pemandangan hijau dari pepohonan yang menambah ramai riak air yang membentur bebatuan di dasar kolam alami air terjun ini memenuhi kerinduan batiniah akan panggilan alam seperti ini.
Apalagi tiupan angin yang meliukkan pohon pinus dan menggoyangkan bambu-bambu di hutannya akan menambah sensasi natural yang jarang-jarang anda temui di tengah modernisasi yang sumpek dan pengap.
Beberapa hal yang akan melengkapi wisata anda disini adalah keunikan air terjun yang elok ini. Disini, limpahan air dari air terjun Seloprojo ini ditampung dalam dua buah kolam berukir. Pada sisi depan kolam ini ada ornament yang berbentuk kepala singa.
Sedangkan untuk mengalirkan airnya, terdapat tiga buah patung kepala burung di tepi kolam yang memiliki lubang di bagian mulutnya yang dengan deras memancarkan aliran air terjun dari atas menuju ke kolam ke sungai kecil di bawahnya.
Air tejun ini sangan molek panoramanya, sehingga dimanfaatkan untuk pemotretan komersil seperti untuk keperluan pre-wedding dan keperluan untuk memotret model, human interest, maupun memotret pemandangan. Air terjun Seloprojo ini sangat menarik karena airnya yang jernih dan dingin sangat murni dan bersih. Dialirkan langsung dari puncak gunung Telomoyo.
Berbicara tentang tempat umum, pasti akan berbicara mengenai fasilitasnya pula. Jangan khawatir sebab disini fasilitasnya sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda meskipun mungkin tidak begitu lengkap. Maklum saja, publikasi dari tempat ini masih sangat minim dan turis yang berdatangan pun belum banyak.
Dahulunya, air terjun ini memang terkenal angker. Mungkin itu adalah salah satu alasan masih sedikit masyarakat yang berani datang kesini untuk berkunjung. Tapi tenang saja,bukankah selama tidak ada niat mengganggu dan merusak, anda tetap baik-baik saja? Kembali ke pokok pembicaraan, fasilitas yang sudah ada disini adalah dua buah kamar mandi untuk berbilas setelah anda bermain air di sini. Fasilitas lainnya masih belum ada dengan alasan-alasan seperti yang sudah disebutkan di atas.
Harga tiket masuk yang dikenakan per orangnya adalah 3000 rupiah dan uang parkirnya adalah 1000 rupiah. Harga yang sangat murah sekali bukan? Meskipun demikian, anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum anda datang ke tempat ini, yang pertama adalah bawalah pakaian ganti, handuk dan alat mandi.
Disini anda pasti bermain air,namun karena tempatnya masih di alam, anda akan bermain di air yang berbatasan langsung dengan tanah, sehingga memungkinkan anda untuk kotor kembali. Disini sudah disediakan dua buah ruang bilas untuk membersihkan diri anda kembali.
Lalu,yang harus anda perhatikan selain pakaian ganti adalah makanan dan minuman. Makanan dan minuman tidak disediakan disini, jika anda kelaparan anda harus kembali ke desa sejauh 1,5 km untuk mendapatkan makanan dan minuman.
Oleh sebab itu, akan lebih bijak jika anda datang kemari dengan mempersiapkan makanan dan minuman sendiri. Jika anda membawa tikar,melakukan piknik sambil makan di areal terbuka seperti ini menjadi momen yang sangat berkesan bagi anda.
Akses menuju kemari juga cukup mudah. Letaknya sekitar 44 km di sudut tenggara kota Magelang. Dari arah Magelang menuju Semarang, anda akan menemukan puskesmas Grabag, menuju Seloprojo.
Kondisi jalannya sudah cukup mumpuni karena sudah beraspal dan mulus, hanya saja belokan dan tikungan yang tajam serta berliku-liku harus diperhatikan dengan awas. Pengandera harus sangat berhati-hati dalam mengendalikan kecepatan sebab arus kendaraan naik dan turun akan selalu bergejolak, ditambah lagi ini adalah jalan kampung sehingga anda harus hati-hati karena banyak warga desa yang berkendara tanpa menggunakan pengaman seperti helm. So, enjoy your traveling .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar